Friday, August 25, 2017

Apa itu Sniffing? Dan Proses Terjadinya


Haii gays, jumpa lagi nih dengan gue Fakhri. Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan kepada anda apa itu Sniffing yang sering terdengar di telinga kita ketika baru masuk ke dalam dunia hacking ini. Oleh karena itu mari langsung saja kita masuk pada pembahasannya di bawah ini.


Pengertian Sniffing

Sniffing adalah sebuah teknik pencurian data yang dilakukan dengan cara memonitoring atau melakukan analisis terhadap paket data yang ditransmisikan dari komputer client ke web server. Tool yang biasa digunakan untuk melakukan teknik Sniffing ini biasanya adalah Wireshark dan Netcut. Sniffing ini biasanya dilakukan oleh para hacker untuk melakukan pencurian password dan pengambilan data-data penting lainnya.

Kejadian yang biasa terjadi akibat Sniffing ini adalah contohnya jika perusahaan anda menggunakan jaringan internet kantor untuk mengirimkan email ke teman diluar kota. Pada kegiatan Sniffing bisa terjadi saat anda mengirimkan email tersebut, seseorang yang sedang mengintip akan tahu isi dari email yang anda kirimkan. Namun, kita tidak tau siapa yang melakukan Sniffing tersebut. Bisa saja admin dari jaringan kantor atau bahkan teman sekantor anda sendiri. Berikut ini ada dua tipe Sniffing yang paling umum adalah :


1. Passive Sniffing yaitu kegiatan menyadap data tanpa merubah data atau packet apapun dalam jaringan. Beberapa program yang umumnya digunakan untuk aktifitas seperti Wireshark, Cain & Abel, dll.


Hacker hanya perlu program sniffing yang bisa merubah jaringan anda agar dapat melihat dan mencatat semua data yang dilaluinya. Jadi, hacker cuman duduk manis di depan komputer dan melihat paket melalui komputernya.

2. Active Sniffing yaitu kegiatan sniffing yang dapat melakukan perubahan data dalam jaringan agar dapat melakukan sniffing. Active sniffing pada umumnya dilakukan pada switch karena perbedaan prinsip kerja antara Hub dan Switch. Active sniffing yang paling umum dilakukan adalah ARP Poisoning, Man in the Middle Attack.

Supaya data dapat melalui komputer hacker terlebih dahulu, berbagai cara dilakukannya untuk mempengaruhi alur data ini. Oleh karena itu, hacker secara aktif melakukan aksi agar dapat melakukan aktifitas sniffing.

Kegiatan sniffing sangat merugikan jika terjadi dalam jaringan karena data pribadi atau account pribadi kita dapat tercuri melalui kegiatan ini.



Proses Terjadinya Sniffing

  1. Collecting yaitu mengumpulkan dan memfilter data yang terekam dalam jaringan.
  2. Conversion yaitu merubah dan menkonversi data yang didapat agar mudah dipahami.
  3. Analysis yaitu menkategorikan dan memfilter data yang didapat agar dapat dibaca.
  4. Steal yaitu mengambil data yang sudah didapat dan informasi-pun telah didapatkan.

Sampai saat ini belum ada solusi terbaik yang sebaiknya dilakukan oleh para pengguna internet saat menggunakan internet public selain menggunakan antivirus yang memang menjamin dari serangan sniffing yang masuk melalui network ini.

Mungkin itulah sedikit pengertian dan penjelasan apa itu Sniffing. Semoga bermanfaat bagi kalian yang baru belajar dalam dunia hacking ini. Terima kasih telah berkunjung di Blog Fakhri, apabila ada pertanyaan bisa tinggalkan komentar di bawah ini.


Referensi :
http://informatics-informatika.blogspot.co.id/2015/05/packet-sniffing.html
https://arock4rt.blogspot.co.id/2016/03/apa-itu-sniffing.html
https://www.asyikin.com/keyboard-laptop-tidak-berfungsi/

1 comments

izin share ya admin :)
buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Line : agen365
WA : +855 87781483 :)
Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)


EmoticonEmoticon