Tuesday, August 15, 2017

Pengertian HMTL ? Apa Sih HTML itu ?


Pengertian HTML ?

HTML (Hypertext Markup Languange) adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam membuat web.
Penjelasan mengenai arti kata dari HTML adalah sebagai berikut :

  • HyperText adalah istilah teks aktif, apabila kita mengklik maka akan menuju ke halaman lain. Ini merupakan sebuah kemampuan dari halaman web yang dapat terhubung antara satu halaman dengan halaman lainnya.
  • Markup adalah tag-tag yang biasanya diawali dengan tag pembuka (opening tag) dan tag penutup (closing tag) yang memberi kemampuan dalam menata layout atau memformat struktur halaman web pada sebuah konten teks sederhana di dalam file HTML itu sendiri.
     
  • Language yaitu bahasa yang digunakan oleh HTML itu sendiri. Perintah-perintah tag menggunakan bahasa yang dapat di mengerti oleh browser atau interpreter lainnya.
HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman pada umumnya seperti C++, C, Java, dan lain sebagainya, melainkan bahasa markup atau markah yang ditulis dengan perintah tag-tag atau element yang mengapit konten didalamnya yang akan ditampilkan pada sebuah halaman web oleh browser atau penerjemah HTML lainnya.

Contoh konten atau format dari HTML

Cara membuat atau menulis file HMTL

Untuk membuat file HTML anda cukup dengan menggunakan teks editor sederhana seperti : Notepad, Notepad++, Sublime Text dan lain sebagainnya.
Untuk mencobanya silahkan copy format HTML di atas kemudian paste ke dalam Notepad atau teks editor anda setelah itu simpan dalam format .Html atau .Htm

Cara membuka file HTML

Untuk membuka file HTML yang telah anda buat tadi cukup dengan mengklik file yang telah kita buat. Maka dengan otomatis akan terbuka di Browser kita.

Untuk penjelasannya lebih lanjut bisa anda lihat di bawah ini :


EmoticonEmoticon